Selasa, 23 November 2010

Menggunakan Facebook dengan aman

Ikuti petunjuk berikut ini agar Anda tetap bisa menggunakan Facebook dengan aman:


Spoiler for tipsnya gan

1. Jangan cantumkan data yang terlalu detail. Memang bukan berarti kita harus mengisi kolom nama saja, tetapi usahakan mengisi secukupnya. Usahakan jangan mengisikan nomor telepon, alamat rumah dan alamat lainnya, kecuali kalau tujuan Anda untuk promosi perusahaan yang dimasukkan dalam Facebook. Jangan sampai profil Anda terisi begitu detail sampai ke hal-hal yang pribadi. Ingat Anda bukan sedang membuat Curriculum Vitae untuk melamar kerja. Semakin lengkap profil Anda, semakin banyak data yang rawan disalahgunakan.

2. Upload foto-foto yang sewajarnya saja. Dalam arti, jangan memasang foto-foto yang terlampau pribadi dan hanya cocok Anda tunjukkan ke orang-orang tertentu saja. Untuk foto semacam ini kirimkan saja langsung ke teman lewat email. Dengan memasukkannya ke Facebook, berarti foto itu kemungkinan besar akan bisa tersebar luas, entah disebarkan oleh teman Anda sendiri atau diambil oleh pihak-pihak lainnya. Sekali foto yang salah tersebar, akan sangat sulit menariknya dan mengetahui siapa yang menyebarkannya.

3. Era banyak-banyakan teman seperti saat Friendster baru berkembang sudah berakhir. Jangan membabi-buta melakukan add friend atau menerima invite orang yang tidak dikenal. Usahakan hanya melakukannya pada orang yang sudah menjadi teman dari beberapa teman Anda. Lihatlah jumlah mutual friends. Semakin banyak jumlahnya berarti semakin banyak teman Anda yang mengenalnya. Lebih baik lagi hanya menerima friend requests dari orang yang Anda kenal langsung. Cocokkan dengan search alamat emailnya. Menambah teman dengan account yang tidak jelas asal usulnya berpotensi akan mengundang virus, karena ada virus yang langsung menyerang begitu Anda menerima invite dari account yang mengandung virus.

4. Selektiflah menerima tag photo. Kalau tidak suka melihat kita di-tag di suatu foto segera lakukan untag atau meminta yang meng-upload foto itu untuk menghapusnya.

5. Ubahlah setting default dari Facebook, karena setting awal ini terlalu terbuka untuk umum. Aturlah privacy dan security-nya agar aman bagi Anda.

6. Jangan sembarangan memilih Groups dan Pages. Karena yang membuatnya adalah pihak ketiga, kebenaran penawarannya tidak bisa dijamin. Banyak Groups dan Pages yang hanya berupa spam.

7. Jangan gunakan password yang terlalu sederhana agar tidak mudah diterobos pihak yang tidak bertanggung-jawab. Tapi pilihlah yang mudah diingat oleh Anda agar Anda tidak kesulitan sendiri waktu menggunakannya.

8. Selektiflah menerima invite install aplikasi. Ingatlah sebagian besar aplikasi ini bukan dibuat oleh Facebook dan berpotensi mengambil data-data Anda tanpa izin. Terima aplikasi hanya dari sumber terpercaya.

9. Jangan membuka luas-luas akses pada informasi pribadi Anda, batasi hanya untuk teman-teman Anda

10. Jangan sembarangan melakukan posting komentar. Karena itu semua sangat mungkin dilihat oleh umum.

11. Jika memungkinkan, gunakan tanggal lahir yang palsu. Hal ini dikarenakan adanya aplikasi-aplikasi yang tanpa sepengetahuan user akan menunjukkan data-data pribadi Anda ini pada umum.

12. Berhati-hatilah mengisi informasi tentang pekerjaan Anda. Hindari menuliskan informasi tentang atasan Anda, karena kemungkinan besar atasan Anda tidak akan suka namanya dicantumkan seperti itu.

13. Jangan sembarangan dalam menuliskan pernyataan dan pandangan yang bersifat pribadi. Karena itu bisa digunakan oleh pihak-pihak yang tidak menyukai Anda untuk melawan dan menyerang Anda.

14. Begitu menemukan data Anda diambil dan digunakan oleh pihak lain tanpa sepengetahuan dan izin Anda, segera laporkan ke pengelola situs tempat data Anda disalahgunakan. Agar lebih cepat mintalah bantuan teman yang lebih mengerti untuk menyelesaikan masalah ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar